Menjadi Besar

0

Written on 8:08 AM by Aljas Hammar

Janganlah takut terhadap kebesaran
ada orang yang lahir dengan kebesaran
ada yang masih harus meraih kebesaran
dan ada yang kepadanya disodorkan kebesaran
WM. Shakespeare
Malam keduabelas


Sekolah menengah dan perguruan tinggi telah mengajarkan beberapa mata pelajaran dengan sangat terperinci. Tapi ada beberapa pelajaran yang menurut saya sangat besar nilainya bagi seseorang yang ingin membuat karir di bidang bisnis yang tidak mereka ajarkan.
Sampai saat ini saya masih terus belajar, menggali pengetahuan dari berbagai macam sumber termasuk dari mereka yang sudah berpengalaman dalam hal ini.
Bagaimana mereka pada saat-saat mengatasi rintangan-rintangan yang menghadang. Pergumulan yang dilakukan oleh banyak orang muda lainnya yang mencoba memantapkan dirinya dalam dunia ini. Ada beberapa pergumulan yang rasanya seperti jatuh dari lereng gunung yang tinggi. Tapi kemudian berhasil kembali mendaki, walaupun kadang-kadang yang didaki itu tidak setinggi yang pertama. Saat-saat bagaimana mereka pertama kali memperlihatkan harapan untuk berhasil dalam dunia usaha.

Thomas Henry Huxley pernah berkata, " Ada untungnya bila kita melakukan beberapa kesalahan kecil pada saat usia muda."

Beberapa kesalahan kecil memang baik tapi yang penting adalah bagaimana supaya berhasil mengatasinya dan bukannya menjadi ketagihan untuk berbuat salah seperti yang dilakukan oleh beberapa orang, karena kurangnya pengarahan, kurang kemauan dan hasrat untuk mempelajari hukum paling dasar untuk maju.

Blog ini ditulis dengan harapan bahwa kita bisa terbantu mengurangi sebagian dari jebakan-jebakan hidup atau menunjukkan cara untuk menghindar dan melompatinya. Kepada orang-orang muda yang terjun ke dalam dunia bisinis dan kepada beberapa dari mereka yang telah lebih dulu berkecimpung disana, perlu ditekankan bahwa proses belajar tidak berhenti pada saat kau meninggalkan bangku sekolah. Bahkan pelajaran sebenarnya baru dimulai dan kalau kau ingin keberhasilan datang mengetuk pintumu, maka kau perlu memberikan tenaga dan perhatian yang lebih besar, ketimbang dahulu pada waktu di bangku sekolah. Kaulah yang lebih dahulu harus mengetuk pintu keberhasilan itu, daripada menunggu dia yang mengetuk pintumu.

Sudah tak perlu diperdebatkan, kerja keras merupakan syarat untuk meraih keberhasilan. Tapi itu saja tidak cukup, salah satu senjata terbaik yang perlu dimiliki orang-orang yang terjun ke dalam kancah pertempuran dunia bisnis adalah akal sehat untuk menyusun suatu rencana yang terarah dan metode penerapan yang terorganisir. Demikian pula saudara kembarnya yaitu tanggung jawab. Karakteristik inilah yang menjadi landasan keberhasilan.
Berani Bermimpi - Berani Mencoba - Berani Gagal - Berani Berhasil

referensi : "Surat-Surat Seorang Usahawan Kepada Puteranya", G. Kingsley Ward

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment